Minggu, 23 Oktober 2011

JURNAL BAB 3

Bab 3
Metode Penelitian

3.1 Model Penelitian
Model penelitian yang digunakan adalah metode survei, untuk menemukan suatu pengaruh dari empat variabel penelitian yakni variabel terikat atau dependent keputusan pembelian , variabel bebas atau independent  kesadaran merek,persepsi kualitas,loyalitas merek
3.2  Data dan Variabel
Variabel  adalah  apapun yang dapat membedakan atau membawa variasi pada nilai. Variabel penelitian terdiri atas dua macam yaitu variabel dependen dan variabel independen. Variabel dependen adalah variabel yang menjadi pusat perhatian utama peneliti (Ferdinand, 2006).Dalam penelitian ini yang menjadi variabel dependen adalah: keputusan pembelian (Y). Variabel independen yang dilambangkan dengan (X) adalah variabel yang mempengaruhi variabel dependen, baik yang pengaruhnya positif maupun yang pengaruhnya negatif (Ferdinanad, 2006). Variabel independen dalam penelitian ini adalah:
  1. Kesadaran merek (X1)
  2. Persepsi kualitas (X2)
3.      Loyalitas merek (X3)
3.3 Alat Analisis
3.3.1 Uji Validitas
Uji validitas digunakan untuk mengetahui seberapa tepat suatu alat ukur mampu melakukan fungsi. Alat ukur yang dapat digunakan dalam pengujian validitas suatu kuesioner adalah angka hasil korelasi antara skor pernyataan dan skor keseluruhan pernyataan responden terhadap informasi dalam kuesioner.
Jenis korelasi yang digunakan adalah korelasi pearson antara skor setiap pernyataan dan skor total item. Cara memperoleh angka korelasi dalam uji validitas dengan alat bantu software SPSS. Alternatif pertama pengujian validitas dengan SPSS 13.0 adalah menggunakan angka r hasil korelasi pearson yang dihasilkan melalui sub menu correlate pada piihan Bivariaten, sedangkan alternatif kedua adalah menggunakan nilai r hasil corrected item total Correlation melalui sub menu scale pada pilihan Reliable Analysis. 

3.3.2 Analisis Regresi Ganda
Analisis regresi ganda adalah alat untuk meramalkan nilai pengaruh dua variabel bebas atau lebih terhadap satu variabel terikat (untuk membuktikan ada tidaknya hubungan fungsional atau hubungan kausal antara dua atau lebih variabel bebas). Dalam penelitian ini kegunaan analisis regresi ganda  untuk mengetahui  ada tidaknya pengaruh kesadaran merek, persepsi kualitas, dan loyalitas merek terhadap  keputusan pembelian handphone BlackBerry. Model hubungan nilai pelanggan dengan variabel-variabel  tersebut dapat disusun dalam fungsi atau persamaan sebagai berikut: 
Y =  a + b1X1 + b2 X2 + b3 X3
  Dimana:
Y  =  Keputusan pembelian
a  =   Konstanta
b1 – b3  =  Koefisien regresi yang hendak ditaksir
X1  =  Kesadaran merek
X2  =  Persepsi kualitas
X3  =  Loyalitas merek
  =  error / variabel pengganggu
Dalam persamaan regresi ini, variabel dependennya dalah keputusan pembelian handphone BlackBerry. Sedangkan variabel independennya adalah  kesadaran merek,persepsi kualitas dan loyalitas merek. 
3.3  Teknik Pengambilan Sampel
Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian adalah teknik pengambilan sampel aksidental (accidenta sampling) yaitu penentuan sampel berdasarkan kebetulan, yaitu siapa saja yang secara kebetulan bertemu dengan peneliti dapat digunakan sebagai sampel, bila dipandang orang yang kebetulan ditemui itu cocok dengan sumber data. Dengan memakai populasi terjangkau dari pengguna blackberry di Universitas Gunadarma fakultas ekonomi kelas 3EA01 dan jumlah responden terjangkau yang ditetapkan sebanyak 10 responden.
Teknik Pengumpulan Data
Pengumpulan data dilakukan melalui instrumen yang disusun berbentuk kuesioner yang diisi para responden. Sedangkan kisi-kisi kuesioner disusun berdasarkan indikator  yang berasal dari konstruk yang dijelaskan dalam penelitian. Pengukuran yang dipergunakan agar menjadi data yang bersifat kuantitatif adalah dengan menggunakan skala likert dengan perujuk pada empat alternatif jawaban yaitu sangat setuju, setuju, tidak setuju, sangat tidak setuju dengan bobot skor masing-masing 4,3,2,1.
3.4 Jenis dan sumber data
Jenis data yang dipergunakan dalam penelitian ini adalah data primer. Data primer, yaitu data yang diperoleh dengan cara menyebarkan kuesioner pada partisipan yang dituju dengan memberikan penjelasan mengenai penelitian ini sebelumnya.

3.5  Populasi dan Sampel
Populasi
Populasi yang dimaksud didalam penelitian ini adalah seluruh mahasiswa dan mahasiswi Universitas Gunadarma yang berada di fakultas ekonomi  manajemen  kelas 3EA01 sebagai pengguna blackberry
Sampel
Adapun teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah pengambilan sampel secara acak sederhana dengan mengambil sampel mahasiswa dan mahasiswi kelas 3EA01 di fakultas ekonomi manajemen Universitas Gunadarma sebanyak 10 orang sebagai wakil-wakil representatif dari populasi tersebut.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar